Halaman

Selasa, 04 September 2012

ISP

Internet Service Provider (ISP) adalah badan atau perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa layanan internet. Untuk dapat terhubung ke internet, kita harus terdaftar menjadi pelanggan ISP. Pada saat menjadi pelanggan sebuah ISP kita diberi username dan password yang akan kita gunakan setiap kali akan mengakses internet. Biaya tagihan koneksi internet dibayarkan bulanan ke ISP. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini kita bisa mengakses internet di semua tempat walaupun tidak terjangkau telepon kabel, misalnya melalui jaringan GPRS dan pesawat handphone.
Berbagai Cara Menghubungkan Komputer ke Internet
1. Melalui Jaringan
Salah satu cara untuk terhubung ke internet adalah melalui jaringan, yaitu menghubungkan komputer kita ke jaringan komputer yang sudah tersambung ke internet. Kekurangannya adalah komputer kita harus berada di dekat jaringan komputer yang sudah tersambung ke internet kira-kira tidak lebih dari 100 meter, kalau letaknya berjauhan (lebih dari 100 meter) harus memakai peralatan tambahan seperti repeater atau antena. Cara ini banyak digunakan di perusahaan, kampus-kampus dan warnet-warnet. Sebuah komputer yang berfungsi sebagai server dihubungkan ke ISP melalui kabel telepon atau antena, kemudian komputer-komputer yang lain (komputer client) di jaringan tersebut bisa mengakses internet melewati server tersebut.
Ada 3 jenis jaringan komputer berdasarkan Topologinya, yaitu Jaringan tipe Bus, Ring dan Star. Tipe Bus dan Ring saat ini sudah kurang diminati lagi karena bahan sulit dicari di pasaran, kurang praktis dan rentan terhadap gangguan jaringan. Saat ini jaringan komputer banyak yang menggunakan tipe star karena setting dan perawatan yang mudah serta tidak banyak gangguan.
2. Melalui Saluran Telepon Langsung (Dial Up)
Cara paling praktis menghubungkan komputer ke internet untuk pengguna personal/pribadi (non warnet) adalah dengan menggunakan saluran telepon langsung atau disebut dengan koneksi dial up. Untuk melakukan sambungan internet dengan dial up maka yang harus tersedia adalah komputer, modem dial up, saluran telepon (kabel telepon) dan ISP Dial Up. Kecepatan akses internet menggunakan dial up adalah 56 kbps. Cara menghubungkannya adalah komputer dihubungkan ke modem dial up, kemudian modem disambung ke saluran telepon. Setelah itu modem di setting melalui komputer agar menghubungi ISP dial up tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar